Resep Opor Ayam Kuning yang Enak Spesial Lebaran

 
Resep Opor Ayam Kuning yang Enak Spesial Lebaran
Resep Opor Ayam Kuning yang Enak Spesial Lebaran

Opor Ayam menjadi makanan yang bisa dikatakan wajib saat lebaran karena menu makanan ini adalah hidangan favorit, bisa dikatakan hampir semua orang memasaknya. Lalu apa saja Opor Ayam yang biasa dibuat, Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Resep Opor Ayam Putih

Menu opor ayam wajib Anda coba sebagai sajian Lebaran Idul Fitri nanti ditemani dengan ketupat lebaran atau lontong dan sambal goreng kentang. Opor Ayam dapat juga di kombinasikan dengan dengan Opor Telur dan Opor Tempe atau Opor Tahu. Masakan Opor atau Gulai yang enak itu adalah Resep Opor Putih khas Banjarmasin dengan rahasia Bumbu Opor Putih yang khas dan Ayam yang empuk dan lembut.

Lalu bagaimana membuat Opor Ayam Spesial Lebaran yang Enak, Ini Resepnya:

Bahan-Bahan Opor Ayam

  • 1 ekor Ayam kampung atau Ayam Putih
  • 1 butir Santan kelapa
  • 1 sdm Garam
  • 1 sdm Gula
  • Bumbu yang dihaluskan:
    - 1 sdm Lada
    - 7 butir Kemiri
    - 3 lembar Daun jeruk
    - 3 batang Sereh
    - 5 siung Bawang putih
    - 7 siung Bawang merah
    - 1 ruas ibu jari Jahe
    - 2 ruas ibu jari Kunyit

Cara mengolah Opor Ayam

  1. Panaskan minyak sedikit saja lalu tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan daun salam, serai, jahe dan lengkuas setelah itu aduk sampai tercampur rata.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk sampai rata dan masak dengan api kecil, aduk secara perlahan sampai warna masakan berubah kuning.
  3. Tambahkan santan dengan gula dan garam, masak sampai ayam benar-benar matang sambil terus diaduk, sambil di icip-icip, angkat dan siap disajikan.

Itulah Resep Opor Ayam yang enak dan Spesial yang bisa Anda coba untuk hidangan lebaran yang bisa dinikmati bersama keluarga dan kerabat yang berkunjung ke rumah.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Resep Opor Ayam Kuning yang Enak Spesial Lebaran"

  1. Terimakasih atas resep ayam kuningnya walaupun sy blm mencobahnya ,tap pasti enak itu.mohon diperbanyak resep yg lainnya.

    BalasHapus